Hai Bunda, ada banyak jenis kegiatan finger painting yang bisa dilakukan anak-anak. Di sini, kami ingin menunjukkan jenis aktivitas finger painting secara bertahap. Mulai dari kegiatan finger painting yang akan membantu anak-anak mengembangkan dan meningkatkan keterampilan motorik kasar mereka hingga keterampilan motorik halus dan pada akhirnya memungkinkan mereka untuk mengeluarkan kreativitas mereka sendiri.

Sebelum memulai bermain finger painting perlu Bunda ketahui cara membuat cat yang ramah buat anak meskipun nantinya tertelan. Berikut adalah aktivitas dalam langkah-langkah :

  • Ajarkan anak-anak menyebarkan cat pada ruang yang luas dengan bebas, selebar yang bisa mereka dicapai oleh lengan mereka. Aktivitas ini baik untuk melatih dan memperkuat otot motorik kasar mereka, dalam hal ini lengan mereka.
Image by Wolfgang Eckert from Pixabay
  • Ajarkan anak-anak menyebarkan cat pada ruang yang lebih sempit dari yang sebelumnya. Kegiatan ini akan memberi mereka kesempatan untuk belajar mengendalikan gerakan lengan mereka dan melatih daya tahan lengan mereka, karena itu lebih sulit dan lebih melelahkan untuk dilakukan.
  • Pandu anak-anak melukis gambar dengan jari. Minta mereka untuk mencoba tidak melewati batas. Mulai dari gambaran besar hingga yang lebih kecil. Aktivitas ini akan memberi mereka kesempatan untuk melatih otot motorik halus.
Image by MoscowMoms from Pixabay
  • Biarkan anak-anak melakukan berbagai macam aktivitas melukis jari. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk lebih banyak melatih otot motorik kasar dan halus dan juga memberi mereka ide yang akan merangsang kreativitas mereka.
  • Bebaskan anak-anak membuat kreasi mereka sendiri dengan melukis jari.
Image by Sharon M

Itulah langkah-langkah dalam aktivitas melukis jari. Itu tidak berarti bahwa dari langkah pertama hingga langkah keempat anak-anak tidak dapat membuat kreasi mereka sendiri. Langkah kelima bisa dilakukan bersamaan dengan semua langkah itu. Namun, kami menempatkannya di sini pada langkah kelima, karena itu akan menjadi hasil akhir jika anak-anak telah melalui semua langkah. Itu karena mereka akan memiliki semua teknik untuk melakukan pengecatan jari, memiliki cukup pengalaman dan pengetahuan untuk membuat kreasi mereka sendiri. Semua itu akan membuat mereka terangsang dan ingin membuat kreasi mereka sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *